Catatan Perjalanan Pendakian Mahameru (3676 mdpl)

Udara Jakarta yang semakin buruk terkena polusi dan lalu lintas yang semakin semrawut membuat tim bergegas ingin mengasingkan diri sejenak, jauh dari hingar bingar kota menuju tempat yang merefresh hati dan pikiran. Yaa, Semeru, kesanalah tim memutuskan menghabiskan libur akhir Desember. Walau cuti belum juga di dapatkan J dan kerjaan menumpuk.

Karena mepet dan mendadak, persiapan akomodasi dan sebagainya pun kurang memadai. Tetapi karena memang niat yang kuat, akhirnya tim dari Jakarta yang kehabisan tiket kereta jenis apapun, memutuskan untuk naik pesawat (mode ngga kere seperti dulu pas mahasiswa) demi mengefektifkan waktu yang terbatas.

Sabtu, 24 Desember 2011

–          Tim dari Jakarta yang berisi 3 personil, berangkat menggunakan Pesawat ke Bandara Juanda Surabaya pukul 06:00 WIB dan tiba pukul 07:30.

–          Kemudian tim melanjutkan perjalanan ke Terminal Bungurasih (Purabaya) dengan menggunakan Bus DAMRI Bandara dengan waktu tempuh 45 menit dan tarif Rp15000,-. Sebenarnya ada juga jasa travel dengan tarif kisaran 50-100rb dari bandara langsung ke Malang.

–          Dari Bungurasih, tim mendapat info dari tim Semarang (tim yang berangkat dari Semarang dan rencananya akan bertemu di Tumpang, Malang) bahwa di Terminal Arjosari Malang serta di Tumpang, sangat sulit mencari ATM Bersama dan tim Semarang kekurangan modal ckckckc. maka kita bobol ATM di Bungurasih (Seberang Ramayana) untuk keperluan satu tim.

–          Pukul 09:30 WIB berangkat dengan BUS AC cepat Surabaya-Malang dan nampaknya salah satu kesalahan dalam mengefektifkan waktu adalah, ke Malang dengan ke Surabaya terlebih dahulu, terkena macet lumpur Lapindo Sidoarjo, dan memang moment pas libur natal, jadi jalan Surabaya-Sidoarjo-Malang terisi para penduduk Surabaya yang berbondong-bondong liburan ke Malang. Perjalanan ini kita tempuh dalam waktu 3,5 jam.

–          Pukul 13:00 tiba di Terminal Arjosari, Malang. Isho minus makan, dan ngobrol dengan para calon pendaki semeru yang kita temui di terminal. Akhirnya akrab dan nyarter angkutan umum carry ke Tumpang bersama-sama, lumayan bisa lebih irit. Per orang dikenakan charge Rp3000,- saja.

–          Pukul 14:00 tiba di Tumpang tapi bukan di pasar Tumpang, wew, ternyata angkotnya langsung menuju rumah sang pemilik jeep, cak “siapa lupa”. Terpaksa menjemput 4 rekan dari tim Surabaya di Pasar Tumpang, sambil memfotokopi kelengkapan yang belum lengkap (fc KTP dan SKS). FYI, sepeglihatan mata, tempat fotokopi hanya ada di Pasar Tumpang sebelah alfamart.

–          15:30 Mengantri mengurus perijinan di pos Perizinan tumpang. Banyak yang datang dengan jeep dari tumpang, bahkan dengan motor konvoi dari Malang, SBY dan skitarnya. FYI kalo jalan dengan motor, bisa dititipkan di Pos Ranu Pane.

–          16:00 Perizinan Selesai, Per orang dikenakan charge total Rp 7000,- termasuk asuransi. Bagi yang membawa kamera dikenakan charge tambahan Rp5000,-. Akhirnya Berangkat…

–          Karena tim bergabung dengan rombongan lain dari arjosari, akhirnya bisa menyewa 1 truck (bukan pick up), tapi charge tetap sama Rp30000,- per orang.

–          Pukul  17:30 tiba di ranu pane. Tim agak kecewa karena Pos lapor pendakian sudah tutup, dan hujan juga cukup deras sewaktu tiba disana. Akhirnya dengan berat hati tim memutuskan untuk menginap di ranu pane, lagi, bersama rombongan lain. Ternyata acara menginap jadi gathering dan perkenalan antar rombongan, (jadi inget Pramuka hehe).  Bagi yang mau berangkat pagi buta dari ranu pane, disarankan mengurus perizinan terlebih dahulu ke Penjaga (rumahnya di samping pos perizinan ranu pane :p), biar keesokan harinya bisa langsung berangkat.

Minggu, 25 Desember 2011

–          Pukul 05:00 Tim akhirnya memutuskan untuk berangkat, 7 personil dan belum ada yang pernah ke Semeru. Baru 5 menit berjalan sudah nyasar, hehe, berbekal cerita rombongan lain, kita masuk ke gapura jalan ke arah lumajang, wah wah, sudah jalan 30 menit baru di cek di kompas dan gps dan insting, dan sadar salah jalan ckckck, balik arah. Ke ladang penduduk dan menemukan paving blok jalan setapak jalur pendakian. Jalur ke ranu kumbolo relatif landai dibanding jalur pendakian di beberapa gunung yang sempat tim jalani, sehingga bisa ngebut.

–          Pukul  08:30, bisa tiba di Ranu Kumbolo, terlena foto-foto, masak2 dan menikmati ramainya Ranu Kumbolo hari itu

flower 3 @ Ranu Kumbolo

flower 3 @ Ranu Kumbolo

flower 3 @ Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo-2

–          Pukul 11:00 Berangkat lagi mengefektifkan waktu, target kita kalo bisa ngecamp di arcopodo. Baru jalan di tanjakan cinta sudah ngos-ngosan (tidak muda lagi :p). Tapi terbayarkan saat lewat oro-oro ombo yang sedang mode warna kuning. Indahnya dunia dan tim terlena foto2. Pukul 11:30 tiba di Cemoro Kandang, dan berjalan terus sampe pool.

Savanah

 Oro Oro Ombo part 2

–          Pukul  13:30 tiba di Kalimati, foto-foto dan hujan gerimis turun, akhirnya memutuskan ngecamp di sini, sambil mencari persediaan air di Sumber Mani. Hujan deras pun turun, kita tidur sejenak, bersiap Summit Attack di malam hari.

Senin, 26 Desember 2011

–          Bangun pukul 11:30, menghangatkan badan dengan kopi, tolak angin, energen dan sebagainya. Pemanasan, dan pukul 12:00 berangkat, 8 orang. 3 tim tambahan dari rombongan lain yang juga mau summit attack, Cuma rombongannya ngga mau ikut alias tidur pulas. 1 anggota tim kita juga tidak bisa ikut karena kurang fit.

–          Pukul 01:00 WIB tiba di camp Arcopodo, ternyata tidak ada rombongan yang ngecamp disini, sepi. Hawa dingin menusuk-nusuk geli.

–          Pukul 01:30 WIB tiba di Cemoro tunggal, 3 personil tambahan yang salah satunya wanita, nampaknya mulai kelelahan, akhirnya dengan berat hati dan perintah dari si wanita, memutuskan melanjutkan perjalanan dengan formasi 6-2. Jalur Pasir ke puncak penuh dengan antrian manusia yang berniat summit attack. Perjuangan dan antrian yang melelahkan.

–          Pukul 05:30 WIB akhirnya melihat puncak, cuaca agak mendung dan berkabut. Ternyata sedikit yang mencapai puncak dibanding yang antri. Kita saling peluk tiap ada rombongan lain yang tiba di Mahameru, akrab sekali, padahal tidak kenal hehehe. Pukul 06:30 hujan mulai turun dan kabut mulai tebal, tim memutuskan turun. Di perjalanan turun, dengan disambut badai, ternyata masih ada juga yang berusaha naik, kami semangati mereka dengan yel : “ayo sebentar lagi”

–          Pukul 09:00 semua tim dapat rebahan lagi di kalimati. Sarapan dan berangkat turun.

–          Pukul 11:30 turun pulang. Di perjalanan menikmati alam yang akan segera ditinggalkan, foto2 lagi di tanjakan cinta.

–          Pukul 14:00 tiba di ranu kumbolo, gerimis kemudian hujan seperjalanan dari ranu kumbolo ke ranu pane. Tim terbagi 3, satu yang fisik masih oke dan bawaannya sudah ringan sprint ke ranu pane dengan harapan masih dapat jeep untuk pulang(ada yg mengejar kerja esok harinya). Tim kedua, tim fisik lemah, tim ke tiga tim kecapekan. Tim pertama tiba 17:00, tim kedua 18:00, tim ketiga 18:30. Diiringi kelelahan, gelap, hujan angin dan belasan pohon cemara baru tumbang di jalur turun, tim kedua dan ketiga merasakan hal-hal aneh di perjalanan turun, tapi kita terus berdoa. Pengalamannya, Semeru ini menjadi gunung pertama yang pernah tim singgahi dengan waktu tempuh turun lebih lama dari waktu tempuh naik. Hehe.

–          Pukul 18:30 makan nasi rawon di ranu pane, oh indahnya, Pukul 19:00 jalan turun dengan jeep isi 15 orang, disinilah adrenalin sesungguhnya dipompa, merasakan jeep yang kami tumpangi terkena rem blong, serta longsor tepat didepan jalan yang dilewati, hujan deras memaksa rombongan basah kuyup. Akhirnya pukul 23:00 sampai Tumpang. Di tumpang nyarter angkot dengan tarif 10000 per orang sampai Arjosari dan Stasiun. Karena ada tim yang naik kereta senja kediri dari stasiun di keesokan harinya, maka sebagian tim mencari losmen, dapatlah losmen lumayan rp 135rb dua orang dengan air panas.

Selasa, 27 Desember 2011

–          Tim Jakarta Pulang dengan Senja Kediri (Rp 205rb per orang), tim dari semarang tinggal dua, pulang dengan bis dari terminal arjosari, satu lagi sudah masuk kerja, dan satu orang melanjutkan kerja di bali. Perjalanan yang tak terlupakan.

4 responses to this post.

  1. nah ini baru enak ni,,😀

    potonya cakeppp😀

    Reply

  2. Posted by Andre on January 3, 2013 at 8:40 am

    Wah sempetin jalan2 kalo ke Malang bro2… Kalo belum tahu mau nginap di mana, nih ada rekomendasi tempat nginep yang oke n harga terjangkau… Klik http://www.kartikagrahahotel.com

    Reply

  3. Posted by rosi on November 2, 2013 at 3:02 am

    kayaknya asyikkk…. semoga aku juga bisa keasana …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: