Pesona Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air di barat laut Lombok

Perjalanan ke Lombok, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi obyek wisata 3 pulau eksotis di barat laut Pulau Lombok. Tiga pulau yaitu, Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, member sajian keindahan pantai pasir putih serta warna alam lain yang sangat tajam nan memikat, seperti kejernihan laut, terumbu karang dan biota laut, serta keberagaman makhluk hidup yang tak kalah mempesona. Obyek wisata ini tak jauh ke utara dari pantai senggigi, hanya beberapa km menuju pasar dan simpang Pemenang, kemudian ambil jalur ke kiri atau kearah barat Kita sudah sampai ke labuhan tempat perahu- perahu dapat membawa ke tiga pulau tersebut. Dari simpang pemenang, perjalanan sebenarnya dapat dilalui dengan jalan kaki, karena sangat dekat, namun jika ingin menikmati sarana transportasi yang tak kalah memikat, terdapat jasa sejenis delman yang siap mengantar anda ke dermaga perahu dengan dua ribu rupiah saja.

Setelah sampai di dermaga, anda dapat langsung mempertimbangkan paket – paket yang telah disediakan untuk dapat menikmati keindahan gili. Kami mendapatkan kenalan sewaktu sebelumnya di Rinjani, dia mengantarkan rombongan kami dan memberikan paket kenalan seharga Rp75000. Harga tersebut ditutupi dengan kepuasan menikmati tiga pulau, mengelilingi tiga pulau tersebut dengan perahu, serta berenang merasakan  perbedaan arus laut di sekitar ketiga pulau ini. Kami juga diberi kesempatan snorkeling menikmati keindahan terumbu karang, memberi makan ikan hias, penyu, serta berfoto dipantai sepuasnya. Sebenarnya tidak puas kalau menikmati keindahan tiga pulau cantik ini hanya dengan satu hari saja. Oleh karena itu banyak disediakan cottage, penginapan, dan café di ketiga pulau ini. Kebanyakan dari para wisatawan yang singgah dan menginap merupakan wisatawan asing. Maka tak heran, jika sebagian pengelola cottage, café, dan sebagainya, hamper tiap malam mengadakan party khas yang memanjakan para wisatawan asing. Tapi jangan khawatir, harga lumayan lokal, asalkan bisa mencar dan memilih.

 

Keindahan panorama yang alami dan boleh dikatakan elegan , menjadikan objek wisata ini teramat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi budget yang terbilang murah jika dibandingkan dengan budget untuk objek wisata dan fasilitas di pulau sebelah barat Lombok yang lebih dulu mendunia.

Visit Lombok and beauty Gili………………………..

Saran : Jika hanya merencanakan sehari berkunjung, usahakan tiba di dermaga pagi hari sekali, agar cukup puas menikmati, dikarenakan perahu dari Gili menuju dermaga tersedia hanya sampai pukul 4 sampai dengan  5 sore.

Lombok, Juni 2009

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: