Hidup Adalah……

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
(QS 28:77)

Berbuat baik dan memelihara alam, hal- hal yang perlu dilakukan untuk memelihara kehidupan manusia sebenarnya. Maksudnya, ya kalau tidak ada motivasi dari manusia untuk melakukan keduanya, ya sesungguhnya sudah melenceng hidup manusia itu dari definisinya. Sudah tidak dapat dibedakan lagi dengan makhluk lain, malah lebih parah. Binatang saja banyak menolong, punya kasih sayang, dan secara sadar atau tidak sadar, ikut serta memelihara lingkungan. Lalu sudah seharusnya ada simbiosis mutualisme dalam hidup para manusia. Namun sayang sekali lagi sayang, saya dan kita sering lalai bahkan memberi efek negatif untuk sesama dan lingkungan.

janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan.
(26:183)

Ya, janganlah memberi efek negatif pada sesama apalagi alam, minimal memberi zero effect.

lah ! Tapi tentramkah menjadi manusia yang tidak menghasilkan pengaruh apa-apa kepada sesamanya. Ya kalau sempat berangan -angan, ingin sekali hidup damai, dengan ilustrasi tinggal di ujung dunia yang tak terusik dengan keramaian. Tinggal di sebuah rumah pinggir sungai dengan air yang jernih. hidup bersama istri yang cantik dan anak- anak yang lucu dengan damai. Makan dari hasil bertani, berkebun, dan beternak, di ladang belakang rumah. tentram tanpa usikan manusia lain. Meninggalkan segala keruwetan hidup. Huff

Ya, tapi kan sudah jelas Ayat- ayat cinta (apa seeh..!) yang telah diberikan sebagai pedoman hidup, bahwa sebaik- baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya. Lagipula kalau dipikir- pikir baru- baru ini, nyadar juga, sayang amat hidup kalau ga berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk sesama dan lingkungan kita. Jadi, kayanya mau belajar hidup bersih dan mulai memelihara lingkungan nih… Ada yang mau ikut ga ???

(Mudah- mudahan saja bukan tergantung Mood … ! Amin)

One response to this post.

  1. Ton, gw mah cinta “kebersihan”, tapi gak cinta “membersihkan”! hehe… abis males banget rasanya untuk bersih2, meskipun sadar manfaatnya gede banget.
    Perlu dibiasain nih!
    Btw alamat blog gw di Blogroll lo salah tuh.. yg sekarang kan ficrizzie.wordpress.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: